CHASER CLASS (ANALYSIS FOR UPDATE CAP 90)

       Semenjak saya melakukan analisis untuk Academic Class. Beberapa orang mulai meminta saya melakukan Analisis untuk Job/Class lain. Saya lupa bilang, kalau analisis ini akan saya post setiap seminggu sekali. Keinginan saya sih bisa seminggu 2-3 Class, tapi kayanya waktunya masih belum memungkinkan.
      Class yang akan saya analisis kali ini adalah Chaser. Chaser terdiri dari 2 Job yaitu Raven dan Ripper. Permusuhan diantara keduanya sudah ada sejak Job ini muncul. Kebanyakan orang memperdebatkan tentang Siapa yang memiliki DPS terbaik. Padahal jawabannya sudah jelas, Raven memiliki DPS lebih Stabil untuk segala jenis Boss.
     Pada Update Cap 90, banyak skill yang di Boost/Nerf. Dari patch note yang diberikan Developer, saya akan kembali menganalisis tentang bagaimana kondisi DPS untuk Chaser Class. Apakah semuanya di Nerf atau Boost?


Update: New Chaser Boost  (Makasih udah dikasih tahu)



Penjelasan Awal
 
     Kemarin sempat ada yang tanya, kenapa untuk Chaser tidak ada Gear Simulatornya? Soalnya Chaser Class tidak ada perubahan perhitungan Status (AGI, INT, STR). Satu AGI dan STR tetap 0.5 PATK. Oleh karena itu, dalam perhitungan nanti saya hanya menggunakan PATK asumsi saja yaitu 50000.


Raven

Fan of Edge
Board Damage 
Cap 80: 489% + 44632
Cap 90: 273% 
(Nerf Pertama :P)

Perhitungan:
Cap 80: 4.89 x 50000 +  44632 = 289132
Cap 90: 2.73 x 50000 = 115000

Nerf: (289132 - 115000)/289132 = 0.6 atau 60%
Jadi pada Cap 90 damage Fan of Edge berkurang 60%

Open Edge (Update)
Board Damage
Cap 80: 813% + 52173
Cap 90: 1184%

Perhitungan:
Cap 80: 8.13 x 50000 + 52173 = 458673 
Cap 90: 11.84 x 50000 = 592000

Boost: (592000 - 458673)/458673 = 0.29 atau  29% 
Jadi pada Cap 90 damage Open Edge meningkat 29%

Applause
Board Damage
Cap 80: 1093% + 39031
Cap 90: 1174%
(Hmm..)

Perhitungan:
Cap 80: 10.93 x 50000 + 39301 = 585801
Cap 90: 11.74 x 50000 = 587000

(587000 - 585801)/585801 = 0.002 atau  0% 
Jadi pada Cap 90 damage Applause tetap sama dengan Cap 80

Perubahan Efek Debuff:
Cap 80: -7% Dark Resist
Cap 90: -20% Critical Resist

Perubahan efek debuff ini lumayan menguntungkan, karena pada Cap 80 saja Critical Resist Boss sampai 60%. Dengan adanya Debuff -20% Critical Resist, tentunya akan membantu DPS Raven juga. Sekarang saya coba hitung mana efek yang lebih bagus antara Dark Resist 7% vs Critical Resist 8%

Asumsi:
- PATK: 50000
- Critical Chance: 89%
- Critical Resist Boss: 60%
- Critical Damage: 200%

Saya pakai perhitungan Skill Applause di Cap 80  saja ya

Perhitungan:
Cap 80: 585801
Cap 80 (Dark Resist): 585801 x 1.07 = 626807

Perhitungan + Critical:
Dark Resist:
- ((1 - (0.89 x (1 - 0.6)) x 626807) +  (((0.89 x (1 - 0.6)) x 626807) x 2) = 849950
Critical Resist:
- ((1 - (0.89 x (1 - (0.6 - 0.2))) x 626807) +  (((0.89 x (1 - (0.6 - 0.2))) x 626807) x 2) = 961522

Jadi, Debuff Critical Resist -20% lebih unggul dibandingkan Dark Resist -7%.

Rake
Board Damage
Cap 80: 196% + 10744
Cap 90: 183%
(Nerf dikit)

Perhitungan:
Cap 80: 1.96 x 50000 + 10744 = 108744
Cap 90: 1.83 x 50000 = 91500

Nerf: (108744 - 91500)/108744 = 0.16 atau  16% 
Jadi pada Cap 90 damage Rake berkurang 16%

Rain Drop
Board Damage
Cap 80: 216% + 9179
Cap 90: 419% 
(Hore Boost)

Perhitungan:
Cap 80: 2.16 x 50000 + 9179 = 117179
Cap 90: 4.19 x 50000 = 209500

Boost: (209500 - 117179)/117179 = 0.8 atau  80% 
Jadi pada Cap 90 damage Rain Drop meningkat 80%

Punishment
Board Damage
Cap 80: 1951% + 59996
Cap 90: 1460% 
(Nerf lagi)

Perhitungan:
Cap 80: 19.51 x 50000 + 59996 = 1035496
Cap 90: 14.60 x 50000 = 730000

Nerf: (1035496 - 730000)/1035496 = 0.3 atau 30% 
Jadi pada Cap 90 damage Punishment berkurang 30%

Perubahan Efek Debuff:
Cap 80: -7% Dark Resist
Cap 90: +20% Damage

Kali ini tidak perlu saya hitung, karena sudah terlihat jelas kalau +20% Damage Debuff itu lebih bagus.

Umbra (Update)
Board Damage
Cap 80: 1517% + 48806
Cap 90: 1608% | 2090%
(Nerf again, tapi ada tambahan damage 30% untuk Boss yg Resist Slow)

Perhitungan:
Cap 80: 15.17  x 50000 + 48806 = 807306
Cap 90: 20.9 x 50000 = 1045000

Boost: (1045000 - 807306)/807306 = 0.29 atau 29% 
Jadi pada Cap 90 damage Umbra berkurang 29%

Crooking Dead Fall (Update)
Board Damage
Cap 80: 2249% + 93059
Cap 90: 1344%
(Iframe dihilangkan)

Perhitungan:
Cap 80: 22.49 x 50000 + 93059 = 1217559
Cap 90: 13.44 x 50000 = 672000

Nerf: (1217559 - 672000)/1217559 = 0.45 atau 45% 
Jadi pada Cap 90 damage Crooking Dead Fall berkurang 45%


Perbandingan DPS Cap 80 dan 90
















Dari data di atas, DPS Raven di Cap 90 dapat turun sebesar 1%.

Jika Raven tidak menaikan Fan of Edge Max, maka DPS Raven hanya turun sebesar 20%

Ripper


Fan of Edge
Board Damage 
Cap 80: 489% + 44632
Cap 90: 273% 
(Nerf Pertama :P)

Perhitungan:
Cap 80: 4.89 x 50000 +  44632 = 289132
Cap 90: 2.73 x 50000 = 115000

Nerf: (289132 - 115000)/289132 = 0.6 atau 60%
Jadi pada Cap 90 damage Fan of Edge berkurang 60%

Shift Blow
Board Damage 
Cap 80: 732% + 35343
Cap 90: 1665% 
(Diawali dengan Boost)

Perhitungan:
Cap 80: 7.32 x 50000 +  35343 = 401343
Cap 90: 16.65 x 50000 = 832500

Boost: (832500 - 401343)/401343 = 1.07 atau 107%
Jadi pada Cap 90 damage Shift Blow meningkat 107%

Flame Locus (Camouflage)
Board Damage 
Cap 80: 640% + 29207
Cap 90: 1187% 
(Boost kedua)

Perhitungan:
Cap 80: 6.4 x 50000 +  29207 = 349207
Cap 90: 11.87 x 50000 = 593500

Flame Locus EX:
Cap 80:'+30% Damage = 349207 x 1.3 = 453969
Cap 90: +50% Damage = 593500 x 1.5 = 890250
Boost: (890250- 453969)/453969 = 0.96 atau 96%
Jadi pada Cap 90 damage Flame Locus meningkat 96%

Blade Runner
Board Damage 
Cap 80: 702% + 24722
Cap 90: 1516% 
(Boost ketiga)

Perhitungan:
Cap 80: 7.02 x 50000 +  24722 = 375722
Cap 90: 15.16 x 50000 = 758000

Boost: (758000 - 375722)/375722 = 1.02 atau 102%
Jadi pada Cap 90 damage Blade Runner meningkat 102%

Mortal Blow
Board Damage 
Cap 80: 973% + 43862
Cap 90: 1420% 
(Boost lagi~)

Perhitungan:
Cap 80: 9.73 x 50000 +  43862 = 530362
Cap 90: 14.2 x 50000 = 710000

Boost: (710000 - 530362)/530362 = 0.34 atau 34%
Jadi pada Cap 90 damage Mortal Blow meningkat 34%


Izuna Drop
Board Damage 
Cap 80: 1863% + 54779
Cap 90: 1084% 
(akhirnya kena Nerf)

Perhitungan:
Cap 80: 18.63 x 50000 +  54779 = 986279
Cap 90: 10.84 x 50000 = 542000

Nerf: (986279 - 542000)/986279 = 0.45 atau 45%
Jadi pada Cap 90 damage Izuna Drop berkurang 45%


Cripple Punisher
Board Damage 
Cap 80: 813% + 16902
Cap 90: 569% 
(Wah kena Nerf)

Perhitungan:
Cap 80: 8.13 x 50000 + 16902 = 423402
Cap 90: 5.69 x 50000 = 284500

Nerf: (423402 - 284500)/423402 = 0.33 atau 33%
Jadi pada Cap 90 damage Cripple Punisher berkurang 33%

Arful Chaser
Board Damage 
Cap 80: 3081% + 114772
Cap 90: 4044% 
(Skill Fav saya di Boost)

Perhitungan:
Cap 80: 30.81 x 50000 +  114772 = 1655272
Cap 90: 40.44 x 50000 = 2022000

Artful Chaser EX:
Cap 80: +60% Damage
Cap 90: +75% Damage

Cap 80: 1655272 x 1.6 = 2648435
Cap 90: 2022000 x 1.75 = 3538500

Boost: (3538500 - 2648435)/2648435 = 0.34 atau 34%
Jadi pada Cap 90 damage Artful Chaser meningkat 34%


Perbandingan DPS Cap 80 dan 90
















Dari data di atas, DPS Ripper di Cap 90 bisa naik sebesar 16%.

Jika Ripper tidak menaikan Fan of Edge Max, maka DPS Ripper meningkat 40%


Kesimpulan

    Pada update terbaru, DPS Raven  akhirnya naik sebesar 16% (sebelumnya -15%). Penurunan yang paling terasa adalah dari Skill Top DPS Asassin Class yaitu Fan of Edge. Jika Fan of Edge tidak diperhitungkan, maka DPS Raven hanya naik sebesar 20% (tidak terlalu besar kan?). Berbeda dengan pesaingnya yaitu Ripper yang mendapatkan peningkatan DPS sebesar 16% dan DPS tanpa Fan of Edge sebesar 40%.
     Perbedaan DPS antara keduanya cukup besar yaitu sekitar 43% (Non Fan of Edge). Dengan gameplay Ripper yang agak lebih sulit (Job Melee) dan  casting time skillnya yang lebih lama, saya rasa ini cukup adil untuk Ripper. Raven jangan berkecil hati, karena masih memiliki Skill dengan casting time cepat dan jaraknya menengah (lebih mudah untuk Hit). Sehingga masih bisa memiliki DPS yang lebih stabil dibandingkan Ripper.    
    

0 Response to "CHASER CLASS (ANALYSIS FOR UPDATE CAP 90)"

Post a Comment