BOWMASTER CLASS (ANALYSIS FOR UPDATE CAP 90)

       Halo, jumpa lagi di Post mingguan tentang Analisis Class. Kali ini yang akan saya bahas adalah Bow Master Class (Artillery dan Sniper). Sejak cap 24, saya sudah menyukai Artillery dari segi gameplay. Sniper memang memiliki damage yang sangat besar, namun DPSnya masih kurang stabil.
     Saya kadang agak sedikit kesal ketika menggunakan Sniper pada musuh yang rajin bergerak. Selain itu, beberapa Skill DPSnya seperti Aerial Chain Shot, Arrow Shower dan Wind Shot sangat tergantung pada ukuran Boss/Monster. Bayangkan saja jika melawan Boss yang berukuran kecil dan terus bergerak, alhasil DPSnya bisa turun drastis.
    Artillery juga memiliki kendala dalam Stabilitas DPS, seperti sulitnya Full Hit Swift Shot, Rapid Shot dan Frag Arrow. Namun semua itu terselamatkan oleh Cooldown dan Casting Time Skill  yang cepat. Sehingga secara DPS Artillery bisa lebih konsisten dibandingkan Sniper. Lalu, bagaimana dengan Cap 90 nanti? secara sekilas sih Sniper akan mendapatkan peningkatan Damage. Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya mari kita analisis.




Artillery

Status Conversion Change

Pada Update Cap 90 nanti, Artillery akan mendapatkan peningkatan konversi Status INT dari 1 INT = 0.5 MATK menjadi 1 INT = 1 MATK (wuhh~). Jadi saya harus kembali memperhitungkan perkiraan Damage di Cap 90.



Dari Gear di atas berarti:

Magic Attack Artillery Cap 80
- MATK (tertinggi): 45186 ~ anggap saja 45000 (biar gampang)
- Jumlah INT: 17804 ~ anggap saja 17800 (biar bulet) :P

Berhubung Perhitungan Buff Artillery itu sangat Kompleks, jadi saya Asumsikan perhitungannya seperti ini saja:

Spiritual Excel
Efek:  +21% INT
- 17800 x 0.21 = +3738 INT
- 3738 x 0,5 = 1869 MATK
All Red Jade Magician: +16% MATK
Plate : +10% MATK
- 1869 x 1.26 = 2355 MATK
Jadi, total damagenya + Spiritual Excel adalah 45000 + 2355 = 47355

Sylph Aid
Efek: +20% MATK
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)

MATK Artillery Full Buff
- 45000 x 0.2 = 9000

Total MATK: 47355 + 9000 = 56355

Magic Attack Artillery Cap 90
Gearnya saya samakan dengan yang Cap 80, sehingga:
- MATK 45000
- Jumlah INT: 17800

Seperti yang saya katakan di paragraf pertama, Artillery pada Cap 90 mendapatkan peningkatan Konversi INT menjadi 1 INT = 1 MATK. Sehingga MATKnya akan meningkat sebesar:
- INT: 17800
- Peningkatan Konversi = 0.5 MATK

Peningkatan MATK:
- 17800 x 0,5 = 8900 MATK
- 8900 x 1.26 = 11214

MATK (No Buff) = 45000 + 11214 = 56214

Spiritual Excel

Pada Cap 90, Efek +INTnya dihilangkan T_T

Sylph Aid
Efek: +25% MATK  (+5% Damage dari Cap 80)
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)

MATK Artillery Full Buff
- 56214 x 1.25 = 67466




Magic Arrow
Board Damage 
Cap 80: 629% + 18274
Cap 90: 369% 
Perhitungan:
Cap 80: 6.29 x 56355 +  18274 = 372747
Cap 90: 3.69 x 67466 = 248950
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 372747 x 1.48 = 551666
Cap 90: 248950 x 1.32 = 328614

Jadi pada Cap 90 damage Magic Arrow berkurang 40%

Frag Arrow
Board Damage
Cap 80: 393% + 9789
Cap 90: 241%
Perhitungan:
Cap 80: 3.93 x 56355 +  9789 = 231264
Cap 90: 2.41 x 67466 = 162593
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 231264 x 1.48 = 342271
Cap 90: 162593 x 1.32 = 214623

Jadi pada Cap 90 damage Frag Arrow berkurang 37%

Swift Shot
Board Damage
Cap 80: 585% + 14473
Cap 90: 621%
Perhitungan:
Cap 80: 5.85 x 56355 +  14473 = 344150
Cap 90: 6.21 x 67466 = 418964
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 344150 x 1.48 = 509342
Cap 90: 418964 x 1.32 = 553032

Jadi pada Cap 90 damage Swift Shot meningkat 9%

Aerial Chain Shot
Board Damage
Cap 80: 192% + 2565
Cap 90: 196%
Perhitungan:
Cap 80: 1.92 x 56355 +  2565 = 110767
Cap 90: 1.96 x 67466 = 132233
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 110767 x 1.48 = 163935
Cap 90: 132233 x 1.32 = 174548

Jadi pada Cap 90 damage Aerial Chain Shot meningkat 6%


Rapid Shot
Board Damage
Cap 80: 209% + 10804
Cap 90: 287%
Perhitungan:
Cap 80: 2.09 x 56355 +  10804 = 128586
Cap 90: 2.87 x 67466 = 193627
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 128586 x 1.48 = 163935
Cap 90: 193627 x 1.32 = 174548

Jadi pada Cap 90 damage Rapid meningkat 34%

Guided Shot
Board Damage
Cap 80: 196% + 4540
Cap 90: 195%
Perhitungan:
Cap 80: 1.96 x 56355 +  4540 = 114996
Cap 90: 1.95 x 67466 = 131559
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 114996 x 1.48 = 170194
Cap 90: 131559 x 1.32 = 173657

Jadi pada Cap 90 damage Guided Shot meningkat 2%


Detonating Arrow
Board Damage 
Cap 80: 1190% + 25637
Cap 90: 536% 
Perhitungan:
Cap 80: 11.9 x 56355 +  25637 = 673190
Cap 90: 5.36 x 67466 = 361618
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 673190 x 1.48 = 996320
Cap 90: 361618 x 1.32 = 477335

Jadi pada Cap 90 damage Detonating Arrow berkurang 52%


Revolution Ballista
Board Damage 
Cap 80: 7506% + 111267
Cap 90: 6321% 
Perhitungan:
Cap 80: 75.06 x 56355 + 111267 = 4341273
Cap 90: 63.21 x 67466 = 4264526 
Bulls Eye + Magical Breeze
Cap 80: 4341273 x 1.48 = 6425084
Cap 90: 4264526 x 1.32 = 5629174

Jadi pada Cap 90 damage Revolution Balista berkurang 12%


Perbandingan DPS Cap 80 dan 90
Data di samping sudah memperhitungkan:
- Debuff terbaru Rapid Shot yaitu -20% Critical Resist
- Critical Resist Boss 60%
- Critical Chance Artillery 35%
- Damage Fatal Guided Shot menjadi 1.5x Guided Shot
- Cooldown Fatal Guided Shot adalah 16 detik
- Semua Skill Full Hit





Dari data di atas, DPS Artillery di Cap 90 dapat turun sebesar 6%.



Sniper

Status Conversion Change

Pada Update Cap 90 nanti, Sniper akan mendapatkan peningkatan konversi Status AGI dari 1 AGI = 0.5 PATK menjadi 1 AGI = 0.75 PATK. Jadi saya harus kembali memperhitungkan perkiraan Damage di Cap 90.



Dari Gear di atas berarti:

Physical Attack Sniper Cap 80
- PATK(tertinggi): 51576
- Jumlah AGI: 20792

Spiritual Excel
Efek:  +21% AGI
- 20792 x 0.21 = +4366 AGI
- 4366 x 0,5 = 2183 PATK
All Red Jade Magician: +16% PATK
Plate : +10% PATK
- 2183 x 1.26 = 2750 PATK
Jadi, total damagenya + Spiritual Excel adalah 51576 + 2750 = 54326

Sylph Aid
Efek: +20% PATK
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)

PATK Artillery Full Buff
- 51576 x 0.2 = 10315

PATK Total: 54326 + 10315 = 64641

Physical Attack Sniper Cap 90
Gearnya saya samakan dengan yang Cap 80, sehingga:
- PATK(tertinggi): 51576
- Jumlah AGI: 20792

Peningkatan Status:
- AGI: 20792
- Peningkatan Konversi = 0.25 PATK

Peningkatan PATK:
- 20792 x 0.25 = 5198 PATK
- 5198 x 1.26 = 6550

PATK (No Buff) = 51576 + 6550 = 58126

Spiritual Excel

Efek: +27% AGI
- 20792 x 0.27 = +5614 AGI
- 5614 x 0,75  = 4211 PATK
All Red Jade Magician: +16% PATK
Plate : +10% PATK
- 4211 x 1.26 = 5306 PATK
Jadi, total damagenya + Spiritual Excel adalah 58126 + 5306 = 63432

Sylph Aid

Efek: +25% MATK  (+5% Damage dari Cap 80)
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)

MATK Artillery Full Buff
- 58126 x 1.25 = 14532

Total PATK: 63432 + 14532 = 77964



Twin Shot
Board Damage
Cap 80: 148% + 7423
Cap 90: 131%
Perhitungan:
Cap 80: 1.48 x 64641 + 7423 = 103101
Cap 90: 1.31 x 77964 = 102133
Bulls Eye + Cheating Point 
Cap 80: 103101 x 1.8 = 185581
Cap 90: 102133 x 1.7 = 173626

Jadi pada Cap 90 damage Twin Shot berkurang 6%


Charge Shot (Update)
Board Damage
Cap 80: 620% + 16911
Cap 90: 1109%
Perhitungan:
Cap 80: 6.2 x 64641 + 16911 = 417685 
Cap 90: 11.09 x 77964 = 864621
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 417685 x 1.8 = 751833
Cap 90: 864621 x 1.7 = 1469855

Jadi pada Cap 90 damage Charge Shot meningkat 96%

Ankle Shot
Board Damage
Cap 80: 208% + 5369
Cap 90: 223%
Perhitungan:
Cap 80: 2.08 x 64641 + 5369 = 139822 
Cap 90: 2.23 x 77964 = 173860
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 139822 x 1.8 = 251680
Cap 90: 173860 x 1.7 = 295562

Jadi pada Cap 90 damage Ankle Shot meningkat 17%


Aerial Chain Shot (Update)
Board Damage
Cap 80: 192% + 2565
Cap 90: 169%
Perhitungan:
Cap 80: 1.92 x 64641 + 2565 = 126676 
Cap 90: 1.69 x 77964 = 131759
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 126676 x 1.8 = 228016
Cap 90: 131759 x 1.7 = 223991

Jadi pada Cap 90 damage Aerial Chain Shot berkurang 2%


Siege Stance (Update)
Board Damage
Cap 80: 762% + 21736
Cap 90: 838%
Perhitungan:
Cap 80: 7.62 x 64641 + 21736 = 514300
Cap 90: 8.38 x 77964 = 653338
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 514300 x 1.8 = 925741
Cap 90: 653338 x 1.7 = 1110675

Durasi Siege Stance meningkat dari 8 detik menjadi 10 detik, berarti ada kemungkinan tambahan 2x serangan, sehingga perhitungannya menjadi:
Cap 80: 925741 x 7 = 6480187
Cap 90: 1110675 x 9 = 9996075

Jadi pada Cap 90 damage Siege Stance meningkat 54%


Arrow Shower (Update)
Board Damage
Cap 80: 66% + 320
Cap 90: 64%
Perhitungan:
Cap 80: 0.66 x 64641 + 320 = 42983
Cap 90: 0.64 x 77964 = 49897
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 42983 x 1.8 = 77370
Cap 90: 49897 x 1.7 = 84825

Jadi pada Cap 90 damage Arrow Shower meningkat 10%


Cheating Point (Update)
Board Damage
Cap 80: 7.74% + 30948
Cap 90: 542%
Perhitungan:
Cap 80: 7.74 x 64641 + 30948 = 531269
Cap 90: 5.42 x 77964 = 422565
Bulls Eye + Cheating Point
Cap 80: 531269 x 1.8 = 956285
Cap 90: 422565 x 1.7 = 718

Jadi pada Cap 90 damage Cheating Point berkurang 25%


Arrow Barrage
Board Damage
Cap 80: 152% + 2333
Cap 90: 181%
Perhitungan:
Cap 80: 1.52 x 64641 + 2333 = 100587 
Cap 90: 1.82 x 77964 = 141115
Bulls Eye + Arrow Barrage
Cap 80: 100587 x 1.8 = 231351
Cap 90: 141115 x 1.7 = 310453

Jadi pada Cap 90 damage Arrow Barrage meningkat 34%

Perbandingan DPS Cap 80 dan 90
Data di samping sudah memperhitungkan:
- Buff terbaru Aerial Chain Shot : Critical Resist -20%
- Critical Resist Boss 60%
- Critical Chance Sniper 89%
- Semua Skill Full Hit
- Wind Shot diasumsikan 20 Hit dan Cooldown 15 detik





Dari data di atas, DPS Sniper di Cap 90 dapat naik sebesar 90%.
Jika tidak memperhitungkan DPS Wind Shot maka DPSnya  naik sebesar 49%



Kesimpulan
     Setelah melalui perhitungan yang rumit akhirnya diperoleh hasil yaitu DPS Artillery dapat turun sebesar 6%, sedangkan Sniper dapat naik hingga 90%. Kenaikan yang sungguh luar biasa dapat dialami oleh Sniper. Kenaikan itu sebagian besar dipengaruhi oleh Charge Shot. Damage Charge Shot yang naik sebesar 96% membuat Damage/DPS Wind Shot semakin besar pula. Sehingga dengan Asumsi Wind Shot 20 Hit dan Cooldown 15 detik, dapat meningkatan DPS Sniper sebesar 41%.
     Seperti yang saya katakan di kalimat awal Post ini, DPS Sniper masih kurang stabil. Beberapa Skillnya masih bergantung pada ukuran dan pergerakan Boss. Hal itu diperparah dengan Casting Time beberapa Skillnya yang lumayan lama, seperti Siege Stance (10 detik), Arrow Shower (6 Detik) dan Arrow Barrage (4 detik). Berbeda dengan Artillery yang memiliki Skill dengan Casting Time dan Cooldown Skill lebih cepat. Jadi saya sih menganggap Boost ini sangat wajar untuk Sniper.

Bagaimana pendapat kalian??

0 Response to "BOWMASTER CLASS (ANALYSIS FOR UPDATE CAP 90)"

Post a Comment